Ekbis

Rabu, 2 September 2020 - 00:03 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Foto: Ilustrasi (net)

Foto: Ilustrasi (net)

Pemkab Matim Berencana Bekukan PD Wae Bobo Jaya

Borong, Detakterkini.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur (Pemkab Matim) berencana membekukan Perusahaan Daerah (PD) Wae Bobo Jaya dan menggantikannya dengan Perusahaan Umum Daerah Manggarai Timur Aneka Usaha.

Sekda Kabupaten Manggarai Timur, Boni Hasudungan, menjelaskan,
sejalan dengan ketentuan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur berkomitmen mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan nama Perusahaan Umum Daerah Manggarai Timur Aneka Usaha.

“Agar pelaksanaan pembentukan Peraturan Daerah tentang Perusahaan Umum Daerah Manggarai Timur Aneka Usaha, berjalan lancar dan tidak terjadi tumpang tindih aturan dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan dimaksud,” kata Sekda Boni saat Public Hearing empat buah Rancangan Peraturan Daerah yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Manggarai Timur, Rabu (2/9/2020).

Menurutnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur memandang penting untuk mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pencabutan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Wae Bobo Jaya.

Untuk diketahui, pada tahun 2010, Pemerintah dan DPRD Kabupaten Manggarai Timur bersepakat mendirikan Perusahaan Daerah Wae Bobo Jaya dengan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2010.

Namun, Perusahaan Daerah yang didirikan di masa kepemimpinan, Bupati Yosef Tote, ini dianggap tidak mampu mendorong lokomotif ekonomi masyarakat Kabupaten Manggarai Timur.

Perusahaan Daerah Wae Bobo Jaya dengan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2010 ini pun pernah mendapat sorotan tajam dari anggota DPRD Kabupaten Manggarai Timur pada tahun 2018 silam. (*)

Artikel ini telah dibaca 86 kali

Baca Lainnya
x